in

10 Drama Korea Bergenre School Terbaik untuk Kamu yang Rindu Sekolah

Masa sekolah adalah salah satu masa paling indah dengan banyak kenangan suka maupun duka. Untuk Kamu yang sudah lama meninggalkan bangku sekolah, masa ini terkadang menjadi hal yang sangat dirindukan.

Dan salah satu cara yang bisa Kamu lakukan untuk melepas rindu terhadap masa sekolah adalah dengan menonton drama Korea.

Mungkin cerita di drakor akan jauh dari cerita asli di sekolahmu, namun atmosfer pertemanan dan pertengkaran mampu membuatmu mengingat masa lalu.

Pada umumnya, drama Korea bertema sekolah memiliki cerita yang cukup ringan sehingga bisa ditonton dengan santai.

Namun ada drama yang menggabungkan beberapa genre sekaligus. Jadi cerita yang dihadirkan dari beberapa genre tersebut lebih berwarna dan apik.

Berikut ini ada 10 rekomendasi drakor bergenre school, mulai dari yang ringan hingga yang berat karena menggabungkan beberapa genre sekaligus. Langsung saja, simak rekomendasinya berikut ini:

1. Extraordinary You (2019)

Drama Extraordinary You

Extraordinary You adalah drama school fantasy yang dibintangi para artis muda seperti Kim Hyeyoon, Rowoon, hingga Lee Jaewook.

Drama yang tayang di penghujung tahun 2019 ini diangkat dari webtoon berjudul sama. Ceritanya cukup ringan karena menampilkan kisah cinta remaja SMA.

Yang menarik dari drama ini adalah bahwa hidup yang mereka jalani mengikuti alur cerita komik. Eun Dan-Oh (Kim Hyeyoon) merupakan seorang siswi yang sering sakit-sakitan. Di dalam komik, dia hanya berperan sebagai extra atau pemeran pendukung saja.

Dan-Oh yang menyadari bahwa mereka hidup di dalam komik akhirnya memutuskan untuk membuat kehidupan yang sesuai keinginannya. Apakah Dan-Oh berhasil membangun ceritanya sendiri?

2. Dream High Season 1 (2011)

Drama Dream High Season 1

Meski sudah tayang hampir 10 tahun lalu, namun Dream High 1 masih menjadi drama bergenre school yang tidak pernah mati. Melalui drama ini Kamu mungkin bisa belajar bermimpi dan berusaha meraih impian tersebut.

Pasalnya, Dream High 1 bercerita tentang para pemuda yang menuntut ilmu di sekolah musik. Mereka bercita-cita untuk menjadi seorang idol dan penyanyi sukses.

Banyak tantangan dan juga halangan dalam meraih mimpi sebagai idol. Bahkan mereka harus bersaing dengan teman sendiri untuk meraih mimpi tersebut.

3. School 2013 (2012)

Drama School 2013

School series sepertinya menjadi drama bergenre sekolah yang selalu dinanti para penggemar drakor. Dibintangi oleh aktor populer yaitu Lee Jongsuk dan Kim Woobin, drama ini lebih mengedepankan kisah bromance dibandingkan percintaan.

Banyak pertengkaran dan juga persahabatan yang bisa Kamu lihat antara Lee Jongsuk dan Kim Woobin. Penasaran dengan kisah persahabatan mereka? Tonton sendiri kelanjutan drama tersebut dalam 16 episode-nya.

4. School 2015 (2015)

Drama School 2015

Berselang 3 tahun sejak dirilisnya drama School 2013, drama School series kembali lagi dengan School 2015 yang dibintangi oleh Kim Sohyun, Nam Joohyuk, dan Yook Sungjae.

Drama yang memiliki alternatif judul Who Are You? ini bahkan telah diadaptasi ke versi Thailand dengan judul yang sama.

School 2015 mengisahkan tentang dua gadis SMA bernama Eunbi dan Enbyul dengan wajah kembar namun memiliki kehidupan yang bertolak belakang.

Karena sebuah kejadian, Eunbi yang memiliki kisah hidup miris harus berperan menjadi Eunbyul. Lalu bagaimana nasib Eunbi? Apakah ada yang mengetahui bahwa dia sebenarnya bukan Eunbyul? Penasaran kan!

5. How to Buy a Friend (2020)

Drama How to Buy a Friend

Drama berjudul How to Buy a Friend tayang pada tahun 2020. Drama singkat ini memiliki cerita yang cukup kompleks dibandingkan drama-drama sebelumnya. Cerita utamanya yaitu mengenai Park Chan Hong yang menjadi sasaran bully di kelasnya.

Namun cerita semakin rumit ketika siswa preman bernama Heo Don Hyuk meminta Chan Hong untuk membantunya mencari tahu misteri dibalik kematian kekasihnya yang dianggap bunuh diri.

Heo Don Hyuk berjanji melindungi Chan Hong yang berusaha mencari informasi kematian kekasih Don Hyuk dari Se Yoon yang merupakan teman dekat kekasih Don Hyuk.

6. Cheer Up (2015)

Drama Cheer Up

Setelah drama yang cukup kompleks, Kamu mungkin menginginkan drama dengan genre sekolah yang ringan. Cheer Up! atau Sassy Go Go ini mungkin bisa menjadi alternatif pilihan.

Secara umum, drama ini bercerita mengenai permasalahan remaja seperti cinta, mimpi, dan persahabatan. Meskipun ringan, namun drama ini sangat menarik untuk diikuti karena banyak kejadian tak terduga yang dihadirkan.

7. Sky Castle (2018)

Drama Sky Castle

Sky Castle adalah drama bergenre school yang memiliki kepopuleran tinggi. Drama ini bahkan menjadi salah satu drama televisi kabel dengan raihan rating tertinggi. Hal tersebut wajar karena Sky Castle mengambil cerita yang cukup menarik untuk diikuti.

Drama yang juga dibintangi oleh Kim Hyeyoon Extraordinary You ini bercerita mengenai sekumpulan keluarga kaya yang tinggal di kawasan mewah SKY Castle.

Menariknya, setiap keluarga memiliki ambisi yang sama yaitu menyekolahkan anaknya di perguruan tinggi terbaik.

Demi meraih keinginan egois para orang tua tersebut, berbagai cara ditempuh meskipun mengorbankan perasaan dan keinginan anaknya. Kelanjutan dari kisah keluarga di SKY Castle ini bisa Kamu lihat sendiri dalam 20 episode yang dihadirkan.

8. Class of Lies (2019)

Drama Class of Lies

Class of Lies adalah drakor bergenre school yang juga menggabungkan dengan tema hukum sehingga ceritanya menjadi cukup kompleks.

Drama yang tayang di stasiun OCN ini berhasil mencuri minat banyak penggemar drama Korea karena ceritanya yang sulit ditebak.

Jalan ceritanya bermula dari seorang pengacara bernama Gi Moo Hyeok yang harus rela kehilangan reputasinya karena suatu perkara.

Untuk mengembalikan reputasi tersebut, Gi Moo Hyeok kemudian berpura-pura menjadi guru pengganti.

Saat menjadi guru pengganti tersebut, Ia kemudian mulai menemukan banyak benang merah yang mampu membawanya pada jawaban atas kasus yang sedang ditangani.

Dia juga mencurigai beberapa siswa dari genk populer yang memiliki ambisi tinggi. Apakah pencariannya akan berbuah hasil?

Baca Juga: 5 Drama Korea Bertema Anak Sekolahan Paling Populer

9. Extracurricular (2020)

Drama Extracurricular

Sama seperti Class of Lies, Extracurricular juga memiliki cerita yang cukup kompleks.

Pada awal cerita, Kamu mungkin tidak membayangkan bahwa drama ini memiliki cerita kompleks. Pasalnya, episode awal menampilkan cerita yang klise dan manis seperti kebanyakan drama bergenre school.

Namun memasuki beberapa episode, Kamu akan mulai sadar bahwa drama ini memang memiliki genre lain yaitu thriller dan kriminal.

Extracurricular bercerita tentang seorang siswa SMA yang dikenal pendiam bernama Oh Jisoo. Meski di sekolah terlihat pendiam namun Jisoo sebenarnya adalah seorang part timer Mucikari.

10. Playful Kiss (2010)

Drama Playful Kiss

Rekomendasi drama yang terakhir dalam list ini adalah drama ringan yang tayang pada tahun 2010 yaitu Playful Kiss.

Disini, Kamu hanya akan melihat kisah pengejaran cinta siswi SMA dengan kemampuan akademik pas-pasan.

Siswi SMA bernama Oh Hani tersebut menyukai teman sekolahnya yang populer bernama Baek Seungjo.

Kamu yang lelah dengan drama bergenre thriller dan rumit mungkin bisa sedikit refreshing dengan drama ini.

Itulah 10 drama Korea bergenre school yang bisa mengobati rasa rindumu terhadap bangku sekolah. Bagaimana, apakah ada yang cocok dengan seleramu?