in

12 Agensi Kpop dengan Penjualan Album Terlaris dan Terbanyak Tahun 2020

12 Agensi Kpop dengan Penjualan Album Terlaris dan Terbanyak Tahun 2020

Menilik tahun 2020, memang tersebut bukan tahun yang mudah bagi semua orang, termasuk para artis Kpop. Meskipun di tengah keterbatasan yang ada namun artis Kpop berhasil merilis musik dengan kualitas terbaik di tahun 2020.

Selain penjualan digital, indikasi kesuksesan artis Kpop juga dilihat melalui angka album yang berhasil terjual. BTS masih menjadi raja di penjualan album fisik tahun ini dengan total lebih dari 9 Juta album terjual.

Namun apakah dengan keberhasilan penjualan BTS tersebut membuat Bighit Entertainment menjadi agensi dengan penjualan album paling laris tahun ini? Langsung saja simak daftarnya berikut:

12. BE:LIFT Lab: 369.5 Ribu Kopi

BE:LIFT Lab merupakan agensi baru yang didirikan oleh Bighit Entertainment bersama CJ ENM. CJ ENM sendiri merupakan perusahaan yang lebih dikenal dengan stasiun TV serta chart musik MNET.

Baru dibentuk tahun ini, BE:LIFT berhasil mendebutkan grup rookie monster ENHYPEN pada tanggal 30 November 2020.

Meskipun hanya memiliki satu artis saja namun anak agensi Bighit Entertainment ini sudah berhasil masuk ke dalam daftar agensi dengan penjualan album fisik terlaris.

Hanya dalam kurung waktu 2 minggu setelah debut, ENHYPEN sebagai satu-satunya artis BE:LIFT berhasil menjual album sebanyak 369.5 ribu kopi. Perolehan tersebut hanya berasal dari satu album debut ENHYPEN yaitu Border: Day 1.

11. Cube Entertainment: 490.8 Ribu Kopi

Cube Entertainment bisa dibilang sebagai salah satu agensi sukses di industri entertainment Korea.

Mereka memiliki beberapa artis ternama seperti (G)I-DLE, BTOB, PENTAGON, dan CLC. Namun BTOB aktif sebagai sub group karena banyak member yang masih menjalani militer.

Dari keempat artis yang dimilikinya tersebut, Cube Entertainment berhasil mendapatkan penjualan album yang cukup baik tahun ini.

Total album yang berhasil dijual yaitu sebanyak 490.8 ribu kopi di mana album terlarisnya adalah milik (G)I-DLE yang bertajuk I Trust.

10. Konnect Entertainment: 604.7 Ribu Kopi

Konnect Entertainment merupakan agensi yang didirikan oleh mantan member Wanna One yaitu Kang Daniel setelah lepas dari agensi terdahulu.

Tahun 2020 artis yang lahir pada 10 Desember 1996 ini comeback dengan dua album yaitu Cyan dan Magenta. Dari dua album tersebut, Konnect Entertainment berhasil menjual album sebanyak 604.7 ribu kopi.

9. RBW Entertainment: 670.7 Ribu Kopi

RBW atau Rainbow Bridge World merupakan agensi yang menaungi grup wanita papan atas MAMAMOO.

Selain MAMAMOO, agensi yang didirikan oleh songwriter ternama, Kim Dohoon, ini juga memiliki artis lain seperti ONEUS dan ONEWE.

MAMAMOO masih menjadi penyumbang terbesar dengan penjualan 165 ribu kopi untuk satu album bertajuk Travel.

Bersama MAMAMOO yang comeback solo dan digabung dengan artis lainnya, RBW Entertainment berhasil menjual 670.7 ribu kopi album fisik.

8. KQ Entertainment: 711.8 Ribu Kopi

Meskipun hanya memiliki satu artis saja yang aktif di tahun 2020, namun KQ Entertainment berhasil masuk TOP 10 agensi dengan penjualan album terlaris.

ATEEZ mengeluarkan dua album tahun ini yaitu Treasure Epilogue: Action to Answer serta album terakhir Zero: Fever Part.1.

Grup yang debut tahun 2019 ini berhasil membuat KQ Entertainment menjual 711.8 ribu album di tahun 2020.

7. Starship Entertainment: 993.4 Ribu Kopi

Starship Entertainment dikenal sebagai rumah bagi artis-artis ternama seperti MONSTA X, Soyou, K.Will, dan Cosmic Girls. Tahun ini Starship Entertainment juga berhasil mendebutkan CRAVITY yang meraih kesuksesan.

Dua album MONSTA X yaitu Fantasia X dan Fatal Love berhasil terjual sekitar 550 ribu kopi. Sedangkan CRAVITY yang memiliki dua album mendapatkan penjualan sebesar 320 ribu kopi.

Total penjualan semua artis Starship Entertainment di tahun 2020 adalah 993.4 ribu kopi.

6. Off The Record Entertainment: 1.51 Juta Kopi

Dua artis utama yang bernaung di bawah agensi Off The Record Entertainment adalah IZ*ONE dan Fromis_9.

Sebagai salah satu grup wanita dengan penjualan terlaris, tentu saja IZ*ONE menjadi penyumbang terbesar bagi penjualan agensi ini.

Selain itu, IZ*ONE comeback lebih banyak dibandingkan Fromis_9 yang hanya comeback sekali tahun ini.

Off The Record Entertainment berhasil menjual 1.51 Juta kopi album dari kedua artisnya tersebut.

5. YG Entertainment: 2.75 Juta Kopi

YG Entertainment memang lebih dikenal sebagai agensi dengan penjualan digital baik. Meskipun begitu, penjualan album dari artis-artisnya juga masih cukup bagus untuk agensi raksasa.

YG Entertainment sendiri memiliki cukup banyak artis yang comeback pada tahun ini yaitu BLACKPINK, TREASURE, WINNER, iKON, Mino, dan Sechskies.

Penyumbang terbesar adalah album The Album dari BLACKPINK yang berhasil terjual sekitar 1.25 Juta kopi.

TREASURE yang memulai debutnya tahun ini juga memiliki penjualan yang cukup baik. Dari tiga single album dalam rangkaian The First Step, grup yang debut pada 7 Agustus 2020 ini berhasil menjual 700 ribu album.

Total album yang berhasil dijual YG Entertainment sebanyak 2.75 Juta kopi.

4. Pledis Entertainment: 2.92 Juta Kopi

Pledis Entertainment merupakan rumah bagi dua grup yang dikenal memiliki penjualan album bagus yaitu SEVENTEEN dan NU’EST.

SEVENTEEN tentu saja menjadi penyumbang terbesar dengan dua album yaitu Heng:garae dan Semicolon. Kedua album tersebut berhasil melampaui penjualan 1 Juta kopi untuk masing-masing album.

Bersama NUEST yang menjual hampir 200 ribu kopi dengan album The Nocturne, Pledis Entertainment total berhasil menjual 2.92 Juta album.

3. JYP Entertainment: 4.07 Juta Kopi

JYP Entertainment memantapkan posisi menjadi agensi terbesar dengan berhasil masuk ke TOP 3 agensi dengan penjualan album terlaris di tahun 2020.

Agensi yang didirikan oleh Park Jinyoung ini memiliki artis seperti TWICE, GOT7, ITZY, DAY6, dan Stray Kids.

Penjualan tertinggi diraih oleh TWICE yang menjual lebih dari 1 Juta kopi dengan dua album yaitu More & More dan Eyes Wide Open. GOT7 tidak jauh dari TWICE karena berhasil menjual total 730 ribu kopi.

JYP Entertainment berhasil menjadi yang ketiga dengan penjualan album sebanyak 4.07 Juta kopi.

2. SM Entertainment: 8.16 Juta Kopi

SM Entertainment memiliki artis-artis yang populer, jadi tidak heran jika penjualan albumnya sangat laris dipasaran.

Beberapa artis yang comeback di tahun ini yaitu NCT, Baekhyun, Suho, Kai, SuperM, Taemin, EXO SC, Red Velvet Irene & Seulgi, dan NCT (semua unit).

Dari semua artisnya, SM Entertainment telah menjual album sebanyak 8.16 Juta kopi di tahun 2020.

1. Bighit Entertainment: 10.05 Juta Kopi

Sama seperti tahun 2019 lalu, di tahun ini ternyata Bighit Entertainment masih memimpin daftar agensi dengan penjualan album terlaris.

Meskipun hanya terdiri dari dua artis saja yaitu BTS dan TXT namun Bighit Entertainment masih menguasai pasar.

Berkat comeback kedua artisnya tersebut, Bighit Entertainment berhasil menjual album sebanyak 10.05 Juta kopi di tahun 2020.

Itulah daftar 12 agensi Kpop dengan penjualan album terlaris sepanjang tahun 2020 ini.

Ternyata sama seperti tahun 2019, di tahun ini Bighit Entertainment masih menjadi pemimpin berkat kesuksesan penjualan Album BTS dan TXT. Selamat ya Bighit stand.

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0