in

15 Idol Kpop dengan Hak Cipta Lagu Paling Banyak

15 Idol Kpop dengan Hak Cipta Lagu Paling Banyak

Idol Kpop merupakan orang-orang yang dikenal memiliki talenta dalam menyanyi dan menari di atas panggung. Pada umumnya, lagu yang dinyanyikan oleh para idol adalah lagu yang dibuat produser ternama. Misalnya kebanyakan lagu BLACKPINK dibuat oleh Teddy, BTS oleh PDOGG, dan masih banyak yang lainnya.

Meskipun para idol Kpop memiliki produser sendiri, namun banyak di antara mereka yang juga bisa menciptakan lagu. Bahkan beberapa di antaranya juga menciptakan lagu untuk grup lainnya. Hal tersebut tentu saja menjadi sebuah kebanggaan bagi para fans di mana sang idol tidak hanya piawai di atas panggung namun juga jago di dalam studio.

Tidak harus menjadi produser utama, para idol yang berpartisipasi dalam penulisan lirik, komposisi lagu, atau aransemen bisa mendapatkan hak cipta atas lagu tersebut. Korean Music Copyright Association atau KOMCA adalah lembaga yang akan memberikan lisensi pada sebuah karya musik.

Idol Kpop yang berpartisipasi dalam pembuatan lagu akan mendapatkan hak cipta dari KOMCA. Bahkan tidak sedikit idol Kpop yang memiliki puluhan lagu yang telah dilindungi hak cipta oleh KOMCA.

Kamu pasti penasaran siapa saja idol multitalenta yang memiliki hak cipta lagu paling banyak? Berikut ini adalah daftar selengkapnya:

1. G-Dragon BIGBANG – 171 Lagu

G-Dragon BIGBANG

Jika berbicara mengenai idol yang mampu menciptakan lagu, maka sosok G-Dragon tidak akan pernah dilupakan. Setidaknya sudah ada 171 lagu dengan hak cipta yang dimiliki pria kelahiran 1988 ini.

Menariknya, kebanyakan lagu G-Dragon adalah lagu hits yang berhasil mencuri hati penggemar. Selain untuk album solo dan album BIGBANG, G-Dragon juga menciptakan lagu untuk artis lain seperti iKON dan lain sebagainya.

2. RM BTS – 171 Lagu

RM BTS – 171 Lagu

RM adalah member BTS yang paling banyak memiliki hak cipta lagu di KOMCA yaitu sebanyak 171 lagu atau 38 lagu lebih banyak dari Suga. Pria yang lahir di tahun 1994 ini juga menjadi idol termuda yang berhasil mendapatkan prestasi ini. Sangat membanggakan bukan?

3. PSY – 171 Lagu

PSY – 171 Lagu

Sama seperti RM, PSY juga memiliki 171 lagu dengan hak cipta resmi dari KOMCA. Hal tersebut tidak mengherankan karena PSY telah berada di industri Kpop sejak tahun 1999. Saat ini PSY sudah memiliki agensi sendiri dan menjadi produser artis-artis ternama. 

4. Ravi VIXX – 160 Lagu

Ravi VIXX – 160 Lagu

Ravi VIXX sebenarnya menjadi idol Kpop dengan hak cipta lagu terbanyak kedua karena tiga teratas memiliki jumlah lagu yang sama. Saat ini Ravi telah memiliki 160 lagu yang terdaftar di KOMCA. Kebanyakan lagu yang diciptakan adalah lagu solo serta lagu milik VIXX.

5. Zico Block B – 140 Lagu

Zico Block B – 140 Lagu

Leader grup Block B ini sudah dikenal sejak dulu sebagai idol yang mampu menjadi komposer maupun produser. Tidak hanya lagu milik Block B saja, Zico juga menjadi produser dari artis lainnya.

Beberapa artis yang pernah menyanyikan lagu buatannya yaitu Super Junior, Wanna One, PSY, Hyolyn, F(X) dan Crush. Hingga kini Zico telah mendaftarkan sebanyak 140 lagu di KOMCA.

6. Suga BTS – 133 Lagu

Suga BTS – 133 Lagu

Suga adalah member BTS kedua yang berada dalam daftar ini dengan 133 lagu yang terdaftar di KOMCA. Dia menciptakan banyak lagu untuk dua solo mixtape dan beberapa lagu di album-album BTS. Selain itu, Suga juga menjadi produser lagu penyanyi-penyanyi ternama seperti HEIZE, IU, Lee Sora, Epik High, dan Suran.

7. Joohoney MONSTA X – 132 Lagu

Joohoney MONSTA X – 132 Lagu

Sama seperti I.M, Joohoney juga merupakan member MONSTA X yang dikenal sering menulis lagu untuk grupnya. Member yang berposisi sebagai main rapper ini setidaknya mendapatkan hak cipta dari KOMCA sebanyak 132 lagu. Selain lagu-lagu dari MONSTA X, Joohoney juga menulis lagu untuk artis lain seperti CRAVITY dan Mad Clown.

8. Yongguk B.A.P – 127 Lagu

Yongguk B.A.P – 127 Lagu

Yongguk adalah mantan leader B.A.P yang sudah dikenal sebagai produser sejak awal karirnya. Hampir semua lagi hits milik B.A.P adalah karya dari pria kelahiran tahun 1990 ini.

Meskipun saat ini sudah tidak aktif karena masuk wamil, Yongguk tetap berada dalam daftar dengan lagu sebanyak 127 buah. Tunggu kembalinya Yongguk dengan musik yang baru ya!

9. J-Hope BTS – 104 Lagu

J-Hope BTS – 104 Lagu

J-Hope adalah salah satu dari tiga member BTS yang berada dalam daftar ini. Meskipun memiliki hak cipta yang lebih sedikit dibanding kedua rekannya namun J-Hope memiliki hak cipta lagu hingga angka 104 lagu. Selain BTS dan lagu solonya, pria yang bernama asli Jung Hoseok ini juga menulis lagu untuk artis lain seperti Jo Kwon.

10. Junho 2PM – 101 Lagu

Junho 2PM – 101 Lagu

Junho 2PM memiliki jumlah lagu yang sama dengan I.M yaitu sebanyak 101 lagu. Lagu pertama yang dibuatnya adalah Give It to Me dari 2PM yang rilis pada tahun 2011 silam.

Setelah Give It to Me rilis dan mendapatkan banyak apresiasi, Junho lebih percaya diri untuk mengeluarkan karya-karya selanjutnya hingga kini menjadi salah satu idol dengan hak cipta lagu terbanyak.

11. I.M MONSTA X – 101 Lagu

I.M MONSTA X – 101 Lagu

Umur yang masih mudah bukan berarti tidak memiliki talenta yang memukau. Hal tersebut dibuktikan oleh maknae dari grup MONSTA X. Meskipun member termuda namun I.M menjadi salah satu member idol Kpop dengan hak cipta lagu paling banyak.

Pria kelahiran 1996 ini memiliki 101 lagu yang terdaftar di KOMCA. Kebanyakan lagu yang diciptakannya merupakan lagu solonya maupun lagu grup MONSTA X.

12. Woozi SEVENTEEN – 99 Lagu

Woozi SEVENTEEN – 99 Lagu

Bukan rahasia lagi jika Woozi mengambil peran sebagai produser dari grup asuhan Pledis Entertainment ini. Bersama dengan produser Pledis lainnya, Woozi berhasil menciptakan lagu hits SEVENTEEN seperti Don’t Wanna Cry, VERY NICE, Left & Right, dan lain sebagainya.

Dengan total 99 lagu yang diciptakannya, Woozi berhasil menjadi salah satu idol Kpop dengan hak cipta KOMCA paling banyak.

13. Miryo Brown Eyed Girls – 98 Lagu

Miryo Brown Eyed Girls – 98 Lagu

Miryo merupakan satu-satunya wanita yang berada dalam daftar ini. Hal tersebut membuktikan bahwa wanita kelahiran 2 November 1981 ini memiliki talenta yang tidak perlu diragukan lagi.

Total lagu yang berhasil diciptakan dan mendapatkan hak cipta dari KOMCA yaitu sebanyak 98 lagu. Miryo juga menjadi salah satu idol wanita generasi awal yang aktif dan bertahan hingga saat ini.

14. Young K DAY6 – 95 Lagu

Young K DAY6 – 95 Lagu

Sama seperti Winner, DAY6 juga memiliki banyak member yang bisa membuat lagu ataupun menulis lirik. Young K menjadi member yang paling banyak mendapatkan hak cipta dengan 95 lagu yang dibuatnya.

Tidak hanya lagu milik DAY6 saja, Young K juga membuatkan lagu untuk artis lainnya seperti GOT7, Eric Nam, UP10TION, dan lain sebagainya.

15. Mino Winner – 93 Lagu

Mino Winner – 93 Lagu

Winner merupakan grup multitalented di mana hampir semua membernya bisa membuat lagu ataupun menulis lirik.

Kang Seungyoon dan Lee Seunghoon juga menuliskan nama mereka dalam KOMCA, namun Mino merupakan member yang paling banyak memiliki lagu berlisensi.

Melalui dua album solonya dan beberapa lagu hits milik Winner ataupun artis lain, Mino berhasil membuat sebanyak 93 lagu.

Itulah 15 idol Kpop yang memiliki hak cipta lagu terbanyak di KOMCA. Talenta yang banyak dari idol Kpop membuktikan bahwa mereka memang berjuang untuk mendapatkan kesuksesan. Semoga semakin banyak idol Kpop yang mampu menciptakan lagu-lagu hits lainnya ya! 

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0