in

6 Drama Korea Paling Realistis Jalan Ceritanya Seperti di Kehidupan Nyata

6 Drama Korea Paling Realistis Jalan Ceritanya Seperti di Kehidupan Nyata

Beberapa tahun terakhir, popularitas Drama Korea di Indonesia memang luar biasa. Sampai ada fenomena marathon drama (binge watching) bagi sebagian orang di waktu luangnya.

Banyak yang suka nonton Drama Korea karena macam-macam alasan. Mulai dari ceritanya yang seru, aktingnya menjiwai, sinematografi yang indah, atau karena sudah terlanjur suka dengan aktor atau aktrisnya.

Mungkin kamu pernah nonton Drama Korea dalam berbagai genre. Sebagian di antaranya berkesan, penuh makna, dan layak direkomendasikan. Sebagian yang lain cukup menghibur walau alur ceritanya klise.

Penikmat Drama Korea pasti paham beberapa hal yang sepertinya sudah menjadi hal yang pasti ada dalam Drama Korea, khususnya genre romance. Meskipun ada bagian-bagian yang manis dalam ceritanya, tapi semua itu sangat jauh dari realita di dunia nyata.

Apakah kamu sudah pernah menonton Drama Korea yang realistis tapi tetap bisa dinikmati? Bahkan orang yang bukan penyuka drakor tetap bisa menikmati jalan ceritanya.

Yuk simak 6 rekomendasi Drama Korea paling realistis dan bikin hidupmu makin semangat.

1. Because this is My First Life (2017)

Because this is My First Life (2017)

Ceritanya memang komedi romantis, tapi tidak cringe sama sekali. Pemeran utama drama ini adalah Jung So Min dan Lee Min Ki yang masing-masing berperan sebagai Yoon Ji-ho dan Nam Se-hee.

Sebenarnya ada dua cerita lain dalam drama ini. Mereka adalah sahabat dari Yoon Ji-hoo, Woo Su-ji dan Yang Ho-rang yang juga punya masalah masing-masing dengan percintaan dan karier. Tapi lebih banyak ke Yoon Ji-ho dan Nam Se-hee.

Memang genre drama ini adult romance, tapi ada banyak sisi yang diangkat misalnya soal pernikahan, tentang usaha meniti karier, juga tentang persahabatan dan keluarga. Kisah mereka sederhana, tapi memang mewakili banyak orang di kehidupan nyata.

2. The Best Moment to Quit Your Job (2017)

Drakor yang diangkat dari webtoon ini menampilkan realitas yang dijalani lima sahabat (Kim Yeon Ji, Nam Hee, Hyun Yi, Seon Hee, dan Hye Young) yang sedang bergelut dengan kegalauan masing-masing.

Ceritanya related dengan perempuan usia dua puluhan dengan impian kehidupan lebih stabil.

Drama The Best Moment to Quit Your Job yang termasuk kategori slice of life ini cocok ditonton siapa pun; yang baru lulus kuliah, terjun ke dunia kerja, masih pengangguran, atau sedang mengalami qarter life crisis.

Sisi romance dan komedinya sangat sedikit. Tapi banyak hal yang bisa bikin merenung soal masa depan. Khususnya terkait pekerjaan, ketika sudah tidak cocok lagi. Akan ada saatnya bertanya: kapan waktu terbaik untuk keluar dari pekerjaan?

3. Sky Castle (2018)

Sky Castle (2018)

Sky Castle adalah cerminan tentang orang tua Asia yang ambisius mendidik anaknya. Drama ini menceritakan keluarga kelas atas Korea Selatan yang sangat gigih dalam pencapaian pendidikan dan karier.

Sky Castle memang dibuat sesuai kenyataan pada masyarakat Korea. Sky sendiri merupakan singkatan dari tiga universitas terbaik Korea Selatan yaitu; Seoul National University, Korea University, dan Yonsei University.

Sebagian besar orang tua Korea akan mendukung anaknya masuk ke ‘SKY university’ tersebut.

Hal yang terlihat menyentuh di sini adalah bagaimana menjadi seorang ibu yang perannya besar sekali di dalam keluarga. Bagaimana memahami anak, mendukung suami, mengurus rumah tangga, dan lain-lain.

Sky Castle juga bisa jadi inspirasi buat yang belum menjadi orang tua biar nanti bisa mendidik anak dengan baik. Dalam adegan ketika anak mencurahkan perasaan pada orang tua, tapi tak didengar, ini juga menjadi alarm tersendiri bagi yang sudah menjadi orang tua.

4. My Mister (2018)

My Mister (2018)

Banyak penonton setia Drama Korea mengatakan kalau My Mister termasuk drama berkualitas yang underrated. Sebagian lainnya menonton karena ada IU sebagai pemeran utama dan berakting dengan baik sebagai Lee Ji-an.

Fokus utama ceritanya adalah kepada kehidupan Park Dong-hoon (Lee Sung-kyun sebagai Mister atau Ahjussi) dan Lee Ji-an (IU) sebagai perempuan muda dengan masa lalu yang sulit sehingga terbentuk jadi pribadi yang kuat, cerdas, tapi dingin.

Baik Ahjussi maupun Lee Ji-an sama-sama menjalani kehidupan yang rumit. Bertemu di satu perusahaan, keduanya jadi teman dekat, khususnya saat Ahjussi ada masalah dengan petinggi di kantor.

Di situ Ahjussi adalah manager dan Lee Ji-an karyawan kontrak. Seluruh karakternya mendapat porsi yang realistis dengan narasi yang cukup menyentil beberapa sisi kehidupan orang dewasa.

Satu lagi yang patut diapresiasi adalah semua OST drama ini yang terasa dalam dan mengena.

5. Misaeng (2014)

Drama Misaeng (2014)

Misaeng atau Incomplete Life hampir sama seperti The Best Moment to Quit Your Job yang diadaptasi dari webtoon dan menggambarkan cerita seputar kehidupan kantor dengan intrik politknya. Termasuk tentang diskriminasi pada pekerja wanita.

Misaeng lebih banyak menceritakan perjalanan Jang Geu Rae, seorang atlet baduk cerdas tapi gagal seleksi sebagai atlet profesional.

Jang Geu Rae berasal dari keluarga miskin dan tinggal berdua dengan ibu yang janda. Jang Geu Rae yang lulusan SMA mulai kerja intern di kantor dengan bantuan ‘orang dalam’.

Jang Geu Rae sering diremehkan atasan dan di-bully sesama pekerja intern. Tapi sikapnya yang cenderung polos tidak begitu terusik. Ia selalu berusaha kerasa memberikan performa terbaik.

Menonton setiap episodenya bakal menambah semangat lagi, khususnya buat orang kantoran untuk dapat bekerja dengan lebih baik.

6. Itaewon Class (2020)

Itaewon Class (2020)

Ini merupakan drama yang masih tergolong baru dan sangat fenomenal. Bahkan banyak kalangan yang bukan penonton Drama Korea jadi ikut menonton Itaewon Class yang memang banyak sekali inspirasinya.

Banyak ilmu tentang bisnis dan investasi di dalam drama ini. Itaewon Class bercerita tentang anak-anak muda keras kepala, pemberani, dan gigih memperjuangkan keadilan.

Berasal dari masa lalu yang tidak mudah, mereka berusaha bangkit dan menjalani hidup yang benar-benar mereka inginkan. Sebuah lingkungan internasional di Itaewon, Seoul, menjadi tempat mereka berjuang membuka bisnis kuliner.

Garis besar cerita Itaewon Class adalah tentang Park Sae Royi (diperankan oleh Park Seo Joon) pemuda keras kepala yang ingin balas dendam pada CEO perusahaan Jangga dan anaknya atas peristiwa tidak adil yang menimpanya di masa lalu.

Konfliknya semakin seru setelah Jo Yi-seo (diperankan oleh Kim Da-mi), perempuan muda, cerdas, dan merupakan sosiopat. Yi-seo yang yang jatuh cinta kepada Park Sae Royi kemudian memutuskan untuk ikut bekerja di Danbam sebagai manajernya Park Sae Royi.

Yang cukup dilematis adalah ketika Park Sae Royi sebenarnya menyukai Oh Soo Ah (diperankan oleh Kwon Na Ra), temannya sejak SMA yang justru bergabung ke perusahaan Jangga.

Konflik tentang persahabatan, bisnis, keluarga, dan percintaan semua tergambar dengan emosi yang mengena.

Itu dia rekomendasi Drama Korea yang realistis dan sarat makna kehidupan. Masing-masing punya keunikan dan bisa ditonton sesuai kebutuhan. Favoritmu yang mana?

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0