in

8 Acara Penghargaan Awards Kpop Paling Bergengsi

8 Acara Penghargaan Awards Kpop Paling Bergengsi

Setiap tahun artis Kpop selalu mengeluarkan musik-musik baru untuk menghibur para penggemarnya. Demi menghasilkan musik yang berkualitas dan dicintai fans, para musisi Kpop bekerja keras latihan siang dan malam. Kemudian mereka melakukan promosi di berbagai acara musik dalam waktu 3 minggu hingga 1 bulan.

Untuk menghargai dedikasi para musisi Kpop di bidang musik, banyak acara penghargaan yang diselenggarakan setiap tahunnya. Memenangkan penghargaan di ajang bergengsi tentu saja menjadi kebanggaan para artis. Fans juga bisa lho mendukung idolanya untuk memenangkan penghargaan tersebut dengan melakukan voting.

Namun sebelum memberikan vote untuk idol tercinta, Kamu harus tahu terlebih dahulu apa saja acara penghargaan Kpop yang biasanya diadakan akhir tahun dan awal tahun ini. Jadi Kamu nanti tidak akan ketinggalan nih. Langsung saja ya, berikut ini daftar acara penghargaan Kpop bergengsi yang tidak boleh Kamu lewatkan:

1. Mnet Asian Music Awards (MAMA)

MNET Asian Music Awards atau yang lebih dikenal dengan sebutan MAMA merupakan acara penghargaan paling prestisius dan yang paling ditunggu-tunggu oleh penggemar Kpop. Pasalnya acara penghargaan yang diselenggarakan CJ ENM melalui channel MNET ini selalu menyuguhkan pertunjukan memukau dengan panggung yang megah.

Bagi para idol, memenangkan MAMA dianggap menjadi puncak prestasi di industri musik Korea.

2. Asian Artist Awards (AAA)

Asian Artist Awards (AAA)

Asian Artist Award atau AAA sebenarnya tidak hanya diperuntukkan bagi musisi Kpop saja namun juga artis Asia. Jadi pemain drama dan film juga bisa mendapatkan penghargaan di acara bergengsi ini. AAA termasuk acara baru karena pertama kali digelar pada tahun 2016 lalu oleh Koran Bisnis Korea Selatan yaitu Money Today.

Para penggemar juga bisa melakukan vote untuk mendukung artis favorit-nya pada nominasi tertentu. Beberapa penghargaan untuk musisi Kpop yang akan diberikan yaitu seperti Rookie of The Year hingga Daesang (Grand Prize).

3. Melon Music Awards (MMA)z

Melon Music Awards (MMA)z

Sebagai situs musik terbesar di Korea Selatan, Melon Music Awards atau MMA juga menjadi acara penghargaan paling bergengsi bagi para musisi.

Acara yang diselenggarakan oleh LOEN Entertainment atau yang kini dikenal dengan KAKAO M ini sudah diadakan sejak tahun 2005. Para musisi Kpop sangat memimpikan untuk meraih penghargaan tertinggi di ajang ini.

Pemenang penghargaan Melon Music Awards ditentukan melalui pencapain di platform music Melon dan juga vote dari penggemar. Kamu yang merupakan penggemar internasional juga diberi kesempatan untuk melakukan voting lho.

4. Seoul Music Awards (SMA)

Seoul Music Awards (SMA)

Acara penghargaan bergengsi selanjutnya yang tidak boleh Kamu lewatkan adalah Seoul Music Awards atau SMA. Acara ini diadakan setiap tahun sejak tahun 1990 oleh Sports Seoul untuk memberikan penghargaan tertinggi untuk musisi di industri musik Korea Selatan.

5. Golden Disc Awards (GDA)

Golden Disc Awards (GDA)

Golden Disc Awards atau GDA juga menjadi acara penghargaan paling bergengsi bagi musisi Korea Selatan. Acara ini sudah diadakan sejak lama sekali sebelum tren idol dimulai. GDA tepatnya dimulai pada tahun 1986 dan diselenggarakan oleh Asosiasi Industri Musik Korea Selatan.

Berbeda dengan acara musik lainnya, GDA biasanya dibedakan menjadi dua yaitu untuk kategori Disc atau penjualan fisik dan kategori Digital. Jadi acara ini akan diadakan setiap tahun dalam dua hari dengan dua kategori berbeda.

6. Gaon Chart Music Awards

Gaon Chart Music Awards

Jika Melon memilih pemenang berdasarkan pencapaian di tangga musik Melon, lain halnya dengan Gaon Chart Music Awards yang memiliki pemenang berdasarkan tangga Gaon. Tidak hanya secara digital saja, Gaon juga memiliki chart untuk penjualan fisik.

Salah satu penghargaan bergengsi ini dimulai pada tahun 2011 dan diselenggarakan oleh Korean Music Content Industry Association bersama GAON. Berbeda dengan acara musik lainnya, Gaon Chart Music Awards tidak memberikan penghargaan Grand Prize atau Daesang untuk satu grup.

7. The Fact Music Awards (TMA)

The Fact Music Awards (TMA)

The Fact Music Awards atau TMA adalah acara penghargaan baru yang diselenggarakan pertama kali pada tahun 2019. Kabarnya TMA disiarkan di banyak negara seperti Timur Tengah, Eropa, Jepang, China, Asia Tenggara, hingga Amerika Selatan dan Utara.

8. V Live Awards V Heartbeat

V Live Awards V Heartbeat

V Live merupakan channel video live populer yang digunakan oleh para idol untuk berkomunikasi dengan fans. Oleh sebab itu, acara ini diadakan untuk memberikan penghargaan channel-channel yang populer. Bukan hanya artis Korea Selatan saja, artis dari negara lain juga ikut meramaikan.

Itulah 8 acara penghargaan Kpop yang tidak boleh dilewatkan oleh KPopers. Bagaimana, apakah sudah siap mendukung idolamu untuk mendapatkan daesang?

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0