in

Ada yang 10 Tahun Training, 10 Trainee Populer Ini Belum Debut Sampai Sekarang

Ada yang 10 Tahun Training, 10 Trainee Populer Ini Belum Debut Sampai Sekarang

Kpop adalah industri yang sangat menarik untuk diikuti, salah satunya yaitu sistem training yang diberlakukan. Ya, untuk menjadi seorang idol Kpop, para anak muda harus mengikuti pelatihan yang diberikan oleh agensi hiburan. Lama waktu pelatihan tersebut beraneka ragam, ada yang hanya beberapa bulan namun ada yang bertahun-tahun.

Beberapa idol dengan masa trainee singkat yaitu seperti Yura Girls Day 1 bulan, Baekhyun dan Chen EXO 4 bulan, Jimin BTS 4 bulan, dan lain-lain.

Sedangkan idol dengan masa pelatihan paling lama yaitu Jennie Blackpink 6 tahun, Suho EXO 6 tahun, Seulgi Red Velvet 7 tahun, Johnny NCT 9 tahun, Jihyo Twice 10 tahun, dan lain-lain.

Lamanya masa trainee yang dijalani para idol tersebut membuktikan bahwa untuk menjadi seorang idol tidaklah mudah. Saat ini juga masih banyak sekali trainee-trainee populer yang belum melakukan debutnya meskipun sudah memiliki kepopuleran tinggi.

Bahkan ada yang sudah menjalani masa trainee selama 10 tahun lebih dan berpindah-pindah agensi. Penasaran gak nih siapa saja trainee populer yang belum debut hingga kini? Simak list-nya berikut ini:

1. Moon SuA

Moon SuA Trainee Populer Ini Belum Debut Sampai Sekarang

Moon SuA adalah trainee populer yang pernah menjalani masa training panjang di agensi besar yaitu YG Entertainment.

SuA sudah menjalani trainee lebih dari 10 tahun namun hingga kini masih belum debut juga.

SuA yang ternyata adik dari idol populer Moonbin ASTRO ini sebelumnya sempat mengikuti ajang Unpretty Rapstar season 2 di tahun 2015 dan mendapatkan kepopuleran di ajang tersebut.

Sebelumnya dia juga sempat dikabarkan menjadi salah satu member Blackpink namun ternyata YG Entertainment tidak mendebutkannya. Setelah meninggalkan YG Entertainment di tahun 2019, Moon SuA kemudian menandatangani kontrak dengan agensi Mystic Story.

2. Koeun

Koeun Trainee Populer Ini Belum Debut Sampai Sekarang

Koeun adalah trainee populer yang dikenalkan SM Entertainment pada tahun 2015 sebagai member SM Rookies Girls.

Gadis kelahiran tahun 1999 ini juga sempat muncul di publik pada acara The Mickey Mouse Club bersama member SM Rookies Girls lainnya.

Setelah 9 tahun trainee di SM Entertainment, Koeun akhirnya meninggalkan agensi pada tahun 2020 ini.

3. Lami

Lami Trainee Populer Ini Belum Debut Sampai Sekarang

Sama seperti Koeun, Lami juga menjadi salah satu member grup pre-debut SM Rookies Girls. Lami bahkan sudah diperkenalkan sebagai trainee dalam jajaran SM Rookies pada tahun 2013 bersama Irene Red Velvet dan Jaehyun NCT.

Gadis yang lahir pada tahun 2003 ini populer berkat rupa cantik dan menawan. Lami bahkan digadang-gadang menjadi the next Yoona sebagai visual grup baru SM Entertainment.

4. Han Chowon

Han Chowon Trainee Populer Ini Belum Debut Sampai Sekarang

Han Chowon disukai karena bakatnya yang memukau ketika tampil di ajang Produce 48. Tidak hanya kemampuan vokal saja, Chowon juga memiliki kemampuan rap dan menari yang menawan.

Trainee yang berasal dari agensi Cube Entertainment ini harus rela mengubur mimpinya untuk debut karena hanya berakhir di rangking 13.

Meski belum ada kabar dalam karir idol, namun baru-baru ini Han Chowon telah melakukan debutnya sebagai aktris di film Bully Bad Guys.

5. Heo Yunjin

Heo Yunjin Trainee Populer Ini Belum Debut Sampai Sekarang

Sama halnya seperti Han Chowon, Heo Yunjin juga dikenal lewat penampilan di ajang survival MNET Produce 48.

Trainee yang mewakili Pledis Entertainment ini dikenal karena kecantikan yang menawan lewat wajah Korea-Amerika.

Gadis yang mendapatkan rangking 26 di ajang Produce 48 ini tidak memiliki banyak berita setelah berakhirnya acara tersebut.

Banyak fans berharap dia memiliki project dengan rekannya Lee Kaeun, namun sayangnya Lee Kaeun sudah meninggalkan agensi pada tahun 2019.

6. Lee Soomin

Lee Soomin Trainee Populer Ini Belum Debut Sampai Sekarang

Lee Soomin yang saat ini menjadi trainee Mystic Entertainment sepertinya memiliki perjalanan yang panjang dan berliku.

Bagaimana tidak, gadis kelahiran 1999 ini telah mengikuti 3 ajang survival sekaligus yaitu Produce 101 season 1 sebagai trainee Fantagio, Kpop Star season 6, dan Mixnine sebagai trainee Fave Entertainment.

Fans berharap perjalanan panjang Lee Soomin berakhir dengan debut bersama Mystic Girls.

7. Hina SM Rookies

Hina SM Rookies Trainee Populer Ini Belum Debut Sampai Sekarang

Hina adalah salah satu anggota SM Rookies yang masih bertahan sejak diperkenalkan pada tanggal 8 Juli 2015.

Selain tampil di The Mickey Mouse Club bersama Lami dan Koeun, Hina juga tampil sebagai cameo di MV Happiness milik Red Velvet.

Banyak kabar beredar bahwa Hina akan debut bersama SM Entertainment, namun kabar tersebut hanya sebatas rumor diantara penggemar.

Baca Juga: 10 Idol Kpop yang Menjalani Masa Trainee Terlama

8. Ningning SM Rookies

Ningning SM Rookies Trainee Populer Ini Belum Debut Sampai Sekarang

Ningning adalah anggota SM Rookies yang diperkenalkan agensi pada tanggal 19 September 2016.

Gadis yang berasal dari China ini sempat muncul pada beberapa kesempatan bersama member SM Rookies Girls lainnya.

Meski banyak member SM Rookies yang keluar dari agensi, namun Ningning adalah salah satu yang bertahan. Ia dikenal memiliki vokal yang kuat dan digadang-gadang menjadi main vocalist atau lead vocalist grup.

9. Lily M

Lily M Trainee Populer Ini Belum Debut Sampai Sekarang

Lily M saat ini sepertinya menjadi trainee terlama dari JYP Entertainment. Gadis ini awalnya dikenal lewat penampilannya dalam acara Kpop Star season 4 dimana Park Jinyoung berlaku sebagai juri.

Berhasil masuk ke dalam TOP4, Lily M kemudian direkrut menjadi trainee oleh JYP. Beberapa kali gadis ini muncul ke publik, salah satunya yaitu di acara Kpop Star season 6 dan mengisi OST drama.

Banyak penggemar yang beranggapan bahwa Lily M akan didebutkan sebagai soloist, namun hal tersebut belum dikonfirmasi oleh agensi.

10. Takeuchi Miyu

Takeuchi Miyu Trainee Populer Ini Belum Debut Sampai Sekarang

Takeuchi Miyu sepertinya menjadi salah satu patah hati terbesar bagi penggemar Produce 48. Gadis asal Jepang ini merupakan anggota AKB48 yang ikut bergabung dalam proyek Produce 48 dan hanya berakhir di rangking 18.

Setelah acara berakhir, Takeuchi Miyu memutuskan untuk lulus dari AKB48 dan bergabung dengan agensi Korea. Saat ini dia menjalani pelatihan bersama trainee populer lain di Mystic Entertainment.

Itulah 10 trainee populer yang hingga kini belum melangsungkan debutnya. Ada beberapa trainee yang sudah memiliki grup pre debut namun belum juga menunjukkan waktu pasti kapan debutnya. Adakah trainee yang Kamu tunggu-tunggu debutnya?

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0