in

Ini Dia 6 Fandom Kpop Terheboh, Kamu yang Mana?

Ini Dia 6 Fandom Kpop Terheboh, Kamu yang Mana?

Industri musik K-Pop sedang mendapat perhatian oleh masyarakat Indonesia. Banyak yang menyukai segala hal yang berkaitan dengan K-Pop. Bahkan tidak sedikit orang yang rela membayar tiket cukup mahal untuk menonton penampilan idolnya.

Pernahkah kalian menonton konser? Kalian akan melihat lautan fans yang menyemangati dan meneriaki idolanya. Di K-Pop terkenal dengan fandom, setiap girlband dan boyband memiliki nama fandomnya sendiri. Berikut kami akan bahas fandom K-Pop terheboh.

Fandom K-Pop Adalah?

Fandom K-Pop merupakan sekumpulan penggemar dari boyband atau girlband. Fandom sendiri merupakan istilah untuk kepenggemaran apa saja, baik itu sport, anime, atau apapun. Namun, seiring berkembangnya waktu, fandom cukup identik dengan K-Pop.

Sebagai fans biasanya kamu akan mencari perintilan seputar grup dan idol yang kamu sukai. Misalnya dengan membeli lightstick, album, hingga photocard dengan harga yang cukup mahal. Selain itu, jika kamu pernah menonton konser K-Pop, kamu akan mendengan teriakan fanchant dari para fans mereka.

Fanchant adalah teriakkan yang berisi nyanyian oleh para fans ketika konser sedang berlangsung. Fanchant bisa disebut juga yel-yel. Namun, tidak sembarang teriakkan saja, fanchant memiliki alur nada tersendiri sehingga pas dengan ritme lagu yang dibawakan ketika konser.

Bagi yang belum tahu, sebenarnya fanchant buat apa sih tujuannya? Fanchant bukan hanya yel-yel belaka, tapi memiliki tujuan yang cukup penting bagi idol dan fans, berikut ulasannya.

Tujuan adanya fanchant

1. Sebagai wujud kekompakan fans

Sebagai seorang fans, tentunya ketika kamu menghadiri konser idol favoritmu, kamu akan menghafal lagu-lagu mereka terlebih dahulu agar kamu bisa mengikuti konser dengan asyik. Selain itu, kamu juga perlu menghafal fanchant lagu tersebut.

Jika kamu bisa mengikuti fanchant, kamu akan mengikuti kekompakan bersama ribuan fans lain dalam konser sehingga memberikan atmosfer yang berbeda dan bisa membuat kamu merinding seketika karena takjub akan kekompakan para fans.

2. Meningkatkan semangat idol

Kehebohan fans dengan meneriakkan fanchat ketika idol sedang tampil akan memberikan semangat tersendiri bagi para idol. Fanchant tersebut bisa menjadi moodbooster untuk idol agar bisa tampil dengan maksimal sehingga bisa memberikan yang terbaik untuk para fansnya.

3. Bentuk cinta fans untuk idol

Idol akan merasa dicintai oleh para fansnya dengan fanchant yang kalian teriakkan. Selain para fans menonton langsung konser mereka, membeli album, dan memberikan hadiah ke idol, teriakkan fanchant juga akan membuat idol merasa dicintai.

4. Membuat suasana konser lebih hidup

Antusias penonton dalam konser akan memberikan warna dalam konser. Jika penonton tidak antusias dalam menonton konser, suasana konser pasti tidak akan seru. Adanya fanchant membuat konser semakin seru dan ramai, juga ada komunikasi antara fans dengan idolnya.

Nah, itulah beberapa fungsi fanchant yang biasa kalian liat pada konser idol K-Pop. Kamu bisa melihat kekompakan dari para fans di dalam konser idolnya. Tahukah kamu, ada beberapa fandom yang cukup heboh dalam menyemangati idolnya.

Fandom tiap grup kpop memiliki karakteristik yang berbeda. Mereka juga memiliki identitas. Salah satunya yaitu lightstick dan fanchant yang diteriakkan saat konser. Keberadaan fandom ini memberikan warna bagi grup yang mereka sukai. Fandom mana sajakah mereka? Berikut infomasinya.

1. Army (BTS)

Fandom Army (BTS)

Siapa yang disini menjadi Army? Yap, kamu akan mudah sekali menemukan orang yang menjadi fans dari BTS. Army memiliki anggota yang cukup banyak di kancah internasional. Kehebohan Army ternyata membawa dampak baik bagi BTS.

BTS bisa memenangkan berbagai penghargaan tidak lepas dari dukungan dan vote Army. Fandom BTS ini juga terkenal cukup loyal kepada idolnya. Tidak heran, konser BTS sangat ditunggu-tunggu oleh Army dari seluruh dunia.

Army merupakan pasukan setia yang selalu mendukung BTS dalam perjalanan kariernya sebagai sebuah grup. Hal tersebut yang membuat para member BTS juga mencintai Army. Jika kamu termasuk Army, kamu bisa masuk di Fandom Kpop Army.

2. Exo-L (Exo)

Fandom Exo-L (Exo)

Exo merupakan boyband yang awalnya memiliki dua subgroup berdasarkan negara asal membernya, yaitu Exo-K dengan member asal Korea dan Exo-M dengan member asal Mandarin (China). Adanya Exo-L menjadi penengah antara Exo-K dan Exo-M.

Huruf L dalam Exo-L sendiri memiliki makna Love yang artinya Exo dan fans yang saling mendukung dan menyayangi satu sama lain. Exo-L menjadi fandom yang besar karena adanya kekompakan diantara mereka.

Exo-L memiliki warna ocean concert yaitu silver ocean yang sangat indah. Hal ini menandakan bahwa Exo-L sangat mendukung dan memberikan kehebohan untuk idolnya. Jika kamu termasuk EXO L, kamu bisa masuk di Fandom EXO.

 3. ELF (Super Junior)

Fandom ELF (Super Junior)

Super Junior (Suju) merupakan boyband yang legendaries. Boyband sari SM Entertainment ini memiliki fandom dengan nama ELF, yang merupakan singkatan dari Ever Lasting Friends. Kata “elf” jika diartikan dari bahasa Inggris berarti peri yang mampu memberikan keajaiban bagi Suju dan fandomnya.

Sebagai boyband yang legendaris, keberadaan ELF sudah tidak diragukan lagi loyalitasnya. Fans Super Junior ini juga memberikan kehebohan tersendiri pada setiap konser dan penampilan Super Junior. Mereka sangat kompak untuk mendukung grup idolanya. ELF memiliki ocean concert dengan warna lightstick sapphire blue ocean yang sangat indah.

Jika kamu termasuk ELF, kamu bisa masuk di Fandom Super Junior.

4. VIP (BigBang)

Fandom VIP (BigBang)

Fandom dari BigBang ini selain menjadi fandom terheboh juga menjadi salah satu fandom yang kuat dan tidak pernah goyah. Setiap konser BigBang, VIP akan memenuhi venue. Nama VIP sendiri memiliki makna Very Important Person bahwa fans memiliki keberadaan yang penting untuk kesuksesan BigBang.

VIP memiliki lambnag mahkota yang berarti bahwa para idola mereka merupakan raja dari musik K-Pop. VIP memiliki ocean concert dengan warna lightstick yellow ocean.

Jika kamu termasuk ELF, kamu bisa masuk di Fandom BigBang.

5. SHINee World (SHINee)

Fandom SHINee World (SHINee)

SHINee World biasa disebut dengan Shawol. Maksud dari kata tersebut adalah SHINee dan fansnya yang berada dalam satu dunia untuk saling mendukung. Fans dari SHINee ini sangat loyal dan kompak kepada idolnya.

Walaupun SHINee telah kehilangan salah satu bintangnya, namun Shawol tetap mendukung hingga akhir. Shawol memiliki warna ocean concert Pearl Aqua Blue sang sangat indah. Hal ini membuktikan kehebohan dan kekompakan mereka.

6. Cassiopeia (TVXQ)

Fandom Cassiopeia (TVXQ)

TVXQ merupakan salah satu boyband Korea generasi kedua yang masih cukup aktif sampai saat ini. TVXQ digawangi oleh Yungho dan Changmin. Grup ini memiliki fandom yang besar dan cukup solid. Kehebatan dan kehebohan Cassiopeia tidak diragukan lagi, khususnya di Jepang.

Hal ini terbukti pada setiap konser yang diadakan oleh TVXQ selalu mendapat dukungan dari para penggemarnya. Kekompakan mereka mendapat hati tersendiri bagi para member TVXQ.

Itulah beberapa fandom K-Pop terheboh. Apakah kamu salah satu fandom tersebut? Teruslah dukung idolamu dimana pun kamu berada. Dukungan kalian sangat berarti bagi mereka. Usahakan untuk menghindari fanwar, kalian harus saling mendukung dan menghormati fandom satu sama lain.

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0