in

Keluar dari Agensinya, 10 Artis Korea ini Mendirikan Perusahaan Agensi Sendiri

Keluar dari Agensinya, 10 Artis Korea ini Mendirikan Perusahaan Agensi Sendiri

Label dan agensi adalah salah satu faktor kunci keberhasilan seorang idol, terutama idol Kpop. Karena seperti yang kita tahu di Korea sana, untuk menjadi seorang artis yang terkenal akan lebih mudah jika mereka masuk di agensi-agensi Kpop yang besar. Seperti YG Entertainment, SM Entertainment, JYP Entertainment, atau BigHit Entertainment. Agensi tersebut sudah memiliki fanbase yang besar dan juga nama yang mapan dalan industri musik Korea.

Namun tidak sedikit juga artis yang sudah terkenal memilih keluar dari agensi yang telah membesarkan nama mereka. bahkan diantara mereka ada yang mendirikan agensi sendiri untuk melanjutkan karir mereka. Lalu siapa saja artis Kpop yang mendirikan perusahaan agensi sendiri? Berikut adalah 10 artis Kpop yang mendirikan agensi mereka sendiri.

1. SHINHWA

SHINHWA

SHINHWA adalah grup legend K-Pop karena grup ini telah berusia lebih dari 20 tahun. SHINHWA awalnya memulai debutnya di bawah SM Entertainment, tetapi pindah ke Good Entertainment setelah kontrak mereka berakhir. SHINHWA meninggalkan Good Entertainment dan memutuskan untuk membuat perusahaan agensi mereka sendiri bernama SHINHWA Company.

2. Highlight

Highlight Kpop

Highlight awalnya debut di bawah Cube Entertainment, kala itu grup ini dikenal sebagai BEAST. Setelah para member meninggalkan Cube Entertainment, mereka memutuskan untuk membuat label mereka sendiri bernama Around Us Entertainment. Grup ini mengubah namanya menjadi Highlight karena hak cipta nama BEAST dimiliki oleh Cube Entertainment.

3. Rain

Rain Kpop

Selama karirnya, Rain sudah beberapa keluar masuk di perusahaan yang berbeda, seperti JYP Entertainment. Rain akhirnya memutuskan untuk mendirikan perusahaannya sendiri bernama R.A.I.N. Company.

4. Kang Daniel

Kang Daniel

Meskipun usianya masih muda, Kang Daniel adalah salah satu idol yang telah mendirikan agensi sendiri. Setelah pembubaran WANNA ONE, Daniel awalnya di kontrak oleh LM Entertainment. Setelah beberapa saat bersama LM Entertainment, Daniel akhirnya mendirikan agensinya bernama Konnect Entertainment.

5. Jay Park

Jay Park

Setelah keluar dari 2PM dan JYP Entertainment, Jay Park menandatangani kontrak dengan SidusHQ. Setelah itu, Jay Park juga mendirikan agensinya sendiri bernama AOMG.

6. Nam Taehyun

Nam Taehyun

Nam Taehyun awalnya debut di bawah YG Entertainment sebagai anggota WINNER. Dia meninggalkan perusahaan dan grup beberapa tahun setelah mereka debut, dan dia memutuskan untuk mendirikan labelnya sendiri bernama South Buyers Club.

7. Hyorin

Hyorin

Hyorin awalnya memulai debutnya sebagai anggota Sistar, yang berada di bawah Starship Entertainment. Setelah 7 tahun berada di naungan perusahaan, Hyorin memutuskan untuk keluar dan memulai agensinya yang disebut Bridge.

8. Zico

Zico Block B

Setelah Zico keluar dari Block B dan Seven Seasons, dia memutuskan untuk fokus penuh pada karier solonya. Zico bahkan menyiapkan label sendiri, yang disebut KOZ Entertainment.

9. Kim Sohye

Kim Sohye

Kim Sohye awalnya memulai debutnya sebagai anggota I.O.I. Setelah pembubaran grup, Sohye memutuskan untuk fokus terutama pada karir aktingnya. Sohye juga mendirikan agensinya sendiri saat dia masih bersama I.O.I, yang disebut S&P Entertainment.

10. Super Junior

Super Junior

Pada peringatan 10 tahun Super Junior, SM Entertainment mengumumkan bahwa Super Junior akan dikelola oleh Label SJ, yang merupakan label eksklusif Super Junior. Super Junior adalah salah satu dari sedikit artis SM Entertainment yang mendapatkan perlakuan istimewa seperti ini.

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0