in

Kenalan dengan 4 Sub Unit NCT, Bagi yang Bingung Harus Banget Baca!

Kenalan dengan 4 Sub Unit NCT, Bagi yang Bingung Harus Banget Baca!

NCT atau Neo Culture Technology adalah boy group yang dibentuk oleh agensi raksasa Korea Selatan, SM Entertainment. Agensi ini juga dikenal menaungi artis-artis populer seperti SHINee, TVXQ, EXO, SNSD, Red Velvet, dan Super Junior. SM Entertainment sendiri membuat grup NCT dengan konsep unik dan cukup menarik.

Pasalnya, member dari grup ini bersifat “Limitless” artinya ada kemungkinan bahwa member akan terus bertambah. Saat ini NCT sendiri memiliki member sebanyak 21 orang dimana terdiri dari berbagai kewarganegaraan, mulai dari Korea Selatan, China, Jepang, Canada, hingga Thailand.

Dari 21 member tersebut, ada 4 sub unit yang terbentuk yaitu NCT U, NCT 127, NCT Dream, dan WayV. Selain itu, NCT juga pernah merilis album dengan seluruh member yang berpartisipasi yaitu NCT 2018. Berikut ini adalah penjelasan mengenai setiap sub unit NCT biar Kamu enggak bingung:

1. NCT U

Kenalan dengan 4 Sub Unit NCT: NCT U

NCT U adalah unit pertama yang debut pada tanggal 9 April 2016. Sub unit ini memiliki member yang tidak pasti. Jadi setiap comeback bisa saja member NCT U akan berganti-ganti. SM Entertainment menyampaikan bahwa member NCT U akan berganti sesuai dengan konsep lagu yang akan dibawakan.

Pada April 2016 tersebut, NCT U debut dengan 2 lagu dimana setiap lagu memiliki member yang berbeda. NCT U “The 7th Sense” terdiri dari Doyoung, Taeyong, Jaehyun, Mark, dan Ten. Sedangkan NCT U “Without U” terdiri dari vocal line yaitu Jaehyun, Taeil, dan Doyoung. Pada Without You versi China, Kun bergabung sebagai member juga.

Setelah debut, sub unit NCT U lama tidak comeback hingga akhirnya kembali dengan lagu Boss dan Baby Don’t Stop di tahun 2018. NCT U “Boss” terdiri dari beberapa member baru yaitu Lucas, Jungwoo, Jaehyun, Doyoung, Taeyong, Winwin, dan Mark. Sedangkan NCT U “Baby Don’t Stop” merupakan lagu duet Ten dan Taeyong.

Selain comeback-comeback di atas, NCT U juga sering mengeluarkan lagu atau memberikan penampilan spesial dengan member yang berbeda. Jadi pada intinya, unit ini memiliki member yang akan selalu berubah sesuai konsep lagu yang akan dirilis.

2. NCT 127

Kenalan dengan 4 Sub Unit NCT: NCT 127

Berselang 3 bulan sejak debut NCT U, sub unit kedua yaitu NCT 127 akhirnya debut pada tanggal 7 Juli 2016. Berbeda dengan NCT U, NCT 127 ini memiliki member yang tetap namun bisa bertambah seiring waktu.

Debut dengan lagu berjudul “Fire Truck”, NCT 127 awalnya terdiri dari 7 member yaitu Taeil, Taeyong, Mark, Haechan, Yuta, Winwin, dan Jaehyun.

Pada akhir tahun 2016, SM Entertainment mengumumkan penambahan 2 member di NCT 127 yaitu Doyoung dan Johnny yang sudah dikenal sebagai member NCT U dan SM Rookies. Mereka bersembilan akhirnya merilis mini album pada tanggal 6 Januari 2017 berjudul “Limitless”.

Line up NCT 127 akhirnya sempurna seperti saat ini dengan penambahan Jungwoo yang sebelumnya bergabung di NCT U. Jungwoo diumumkan menjadi anggota NCT 127 pada September 2018. Namun Winwin yang merupakan member China kini belum aktif bersama NCT 127 lagi semenjak bergabung dengan unit China.

3. NCT Dream

Kenalan dengan 4 Sub Unit NCT: NCT Dream

NCT Dream merupakan unit NCT yang terdiri dari para maknae atau member termuda. Unit ini debut pada 24 Agustus 2016 dengan lagu berjudul Chewing Gum. Member yang masuk ke dalam line up NCT Dream yaitu Mark, Jisung, Chenle, Renjun, Jeno, Haechan, dan Jaemin.

Sebelumnya, SM Entertainment menyampaikan bahwa NCT Dream memiliki konsep graduation pada member yang sudah berusia 20 tahun. Artinya, jika member sudah berumur 20 tahun maka mereka akan lulus dan bergabung dengan unit NCT lainnya. Salah satu member yang lulus dari NCT Dream adalah Mark pada akhir 2018.

Namun ternyata SM Entertainment berubah pikiran dimana NCT Dream tidak menggunakan konsep graduation lagi. Jadi Mark kembali ke NCT Dream pada tahun 2020 dan sempat melakukan v-live bersama dengan 7 member asli.

4. NCT 2018

Kenalan dengan 4 Sub Unit NCT: NCT 2018

NCT 2018 merupakan gabungan dari seluruh sub unit NCT baik itu NCT U, NCT Dream, maupun NCT 127 yang berjumlah 18 member, termasuk member baru Jungwoo, Kun, dan juga Lucas. NCT 2018 merilis album berjudul “Empathy” yang berisi semua unit NCT.

Beberapa lagu di album tersebut dan sub unit yang membawakannya yaitu Yes Today, Boss, dan Baby Don’t Stop (NCT U). Selanjutnya Touch (NCT 127) dan Go (NCT Dream). Kedelapan belas member kemudian juga mempromosikan lagu “Black on Black” yang berisi rap dan dance performance.

Related: Yuk Gabung Fandom NCT

5. WayV

Kenalan dengan 4 Sub Unit NCT: WayV

SM Entertainment menyempurnakan grup NCT dengan mendebutkan sub unit China bernama WayV. Grup yang debut resmi pada tanggal 17 Januari 2019 ini digawangi oleh Ten, Lucas, Kun, Winwin dan 3 member baru yaitu Hendery, Yangyang, serta Xiaojun.

Berbeda dengan keempat member lain yang secara resmi tergabung dengan NCT, ketiga member baru tersebut belum secara resmi diumumkan sebagai member NCT. Selain itu, WayV juga memiliki lightstick dan nama fandom yang berbeda dengan NCT sehingga banyak fans berspekulasi bahwa WayV belum secara resmi menjadi unit dari NCT.

Meskipun begitu, tidak sedikit penggemar yang menganggap bahwa WayV adalah bagian dari NCT. Selain 4 membernya adalah anggota NCT, grup ini juga debut dengan lagu Regular dari NCT 127 namun untuk versi Mandarin.

Selain itu, WayV juga merilis single versi Mandarin dari lagu Comeback yang juga merupakan lagu NCT 127. Kita tunggu ya pengumuman resmi SM Entertainment bahwa WayV adalah sub unit China dari NCT.

Itulah penjelasan mengenai unit boy group NCT yang ada saat ini. Dengan konsepnya tersebut, ada kemungkinan bahwa NCT akan memiliki unit lainnya di masa depan.

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0