in

Yuk Kenalan dengan Grup Kpop Generasi 4, Ada Siapa Saja Ya?

Yuk Kenalan dengan Grup Kpop Generasi 4, Ada Siapa Saja Ya?

Bagi para Kpopers (penggemar KPop), istilah generasi mungkin sudah tidak asing lagi. Ya, grup Kpop sendiri dibagi menjadi beberapa generasi berdasarkan tahun debutnya.

Generasi pertama Kpop adalah generasi yang mendahului konsep boy group dan girl group seperti S.E.S, H.O.T, Sechkies, dan Fin.K.L.

Selanjutnya yaitu Generasi Kedua yang terdiri dari grup seperti Bigbang, SNSD, Super Junior, Kara, Wonder Girls, dan juga TVXQ. Grup generasi kedua ini bisa dibilang sebagai pembuka Hallyu Wave di seluruh dunia.

Untuk generasi ketiga mungkin Kamu sudah tidak asing lagi dengan grup-grup seperti EXO, BTS, Twice, dan juga Blackpink. Grup generasi ketiga ini bahkan masih aktif dan mendominasi kepopuleran Hallyu Wave baik di Korea maupun Internasional.

Sedangkan generasi keempat adalah generasi terbaru dimana diisi oleh grup-grup yang debut mulai tahun 2018. Jika Kamu menyukai grup-grup ini, maka Kamu bisa dibilang sebagai fans Kpop generasi ke 4. Penasaran siapa saja grup yang masuk generasi keempat? Berikut ini diantaranya:

1. Stray Kids

Stray Kids Kpop Generasi 4

Stray Kids merupakan salah satu grup pembuka generasi keempat dengan debutnya di tahun 2018. Grup yang berada di bawah naungan JYP Entertainment ini sudah hits bahkan sebelum debut.

Lewat single pre debut Hellevator, Stray Kids menjadi grup generasi 4 yang paling dinanti di tahun 2018. Karena hal tersebut, tidak mengherankan jika Chan cs ini mendapatkan beberapa penghargaan best rookie di tahun 2018.

2. IZ*ONE

IZONE Kpop Generasi 4

IZ*ONE merupakan grup wanita generasi 4 dengan penjualan album terlaris. Album terbarunya yaitu Oneiric Diary berhasil terjual sebanyak 350.000 keping lebih.

Hal tersebut tentu saja menjadikan IZ*ONE sebagai salah satu grup papan atas, bahkan sering disandingkan dengan grup generasi 3 seperti Twice, Blackpink, maupun Red Velvet. Namun sayangnya IZ*ONE hanya grup proyek yang memiliki masa kontrak selama 2,5 tahun.

3. (G)-IDLE

(G)-IDLE Kpop Generasi 4

Grup yang digawangi oleh Soyeon, Shuhua, Minnie, Miyeon, Yuqi, dan Soojin, ini debut pada tanggal 2 Mei 2018.

Lagu debutnya yang bertajuk Latata meraih kesuksesan besar sehingga membawa (G)-IDLE sebagai salah satu grup generasi 4 terbaik saat ini. Konsep yang digunakan dalam setiap comeback sangat unik sehingga selalu dinanti bahkan oleh non fans.

4. Ateez

Ateez Kpop Generasi 4

Meskipun berasal dari agensi kecil, bukan berarti membuat Ateez tidak bisa sukses dan bersinar. Grup yang digawangi Hongjoong cs ini membuktikan bahwa agensi kecil juga bisa sukses dan bersinar.

Salah satu kelebihan grup asal KQ Entertainment ini adalah kerja sama tim yang apik sehingga menghadirkan penampilan panggung yang memukau. Kamu yang belum kenal Ateez wajib kenalan nih, berbakat banget.

5. AB6IX

AB6IX Kpop Generasi 4

AB6IX merupakan pecahan dari grup populer Wanna One dimana ada dua member dari grup tersebut yaitu Woojin dan Daehwi.

Grup yang bernaung di agensi Brand New Music Entertainment ini awalnya berjumlah 5 orang. Namun di tahun 2020, sang leader yaitu Youngmin harus mengundurkan diri dari grup karena skandal yang menimpanya.

6. Everglow

Everglow Kpop Generasi 4

Everglow merupakan grup beranggotakan 6 orang yang dibuat oleh agensi Yuehua Entertainment. Agensi ini pernah mendebutkan grup Uniq yang juga digawangi oleh Seungyoun ex X1.

Selain Uniq, Yuehua Entertainment juga menjadi rumah bagi tiga member WJSN yaitu Chengxiao, Xuanyi, dan Meiqi. Meski bukan agensi besar di Korea, namun debut Everglow menerima respon yang sangat positif.

Bahkan viewers Youtube dari lagu-lagu Everglow mampu mengalahkan viewers Youtube generasi 4 yang populer seperti (G)-IDLE dan Stray Kids.

7. Loona

Loona Kpop Generasi 4

Loona debut resmi di bawah agensi Blockberry Creative pada tanggal 15 Agustus 2018. Sebelum debut resmi, Loona sempat merilis beberapa project pre debut. Ada beberapa sub unit yang merilis lagu sebelum debut yaitu Loona Odd Eye Circle, Loona 1/3, dan Loona YYXY.

Anggotanya yaitu Heejin dan Hyunjin juga sempat mengikuti survival Mixnine yang dibuat oleh JTBC dan YG Entertainment. Di tahun 2020 lewat lagu bertajuk So What, Loona berhasil meraih kemenangan pertama di acara M Countdown.

8. CIX

CIX Kpop Generasi 4

Sama seperti AB6IX, CIX yang berada di bawah agensi C9 Entertainment ini juga merupakan pecahan dari Wanna One. Satu membernya yaitu Bae Jinyoung sebelumnya menjadi anggota Wanna One setelah berhasil meraih posisi 10 dalam acara Produce 101 Season 2.

Selain Bae Jinyoung, dua member lainnya yaitu Seunghun dan BX juga dikenal di kalangan penggemar karena pernah menjadi trainee populer YG Entertainment.

9. The Boyz

The Boyz Kpop Generasi 4

Meski belum sepopuler grup lainnya, namun The Boyz menjadi salah satu grup Kpop generasi 4 yang layak untuk diakui.

Grup yang debut di bawah Creker Entertainment ini juga pernah mendapatkan beberapa penghargaan best rookie seperti Asia Artisit Award, Korean Populer Music Awards, dan Melon Music Awards di tahun 2018.

9. Tomorrow X Together (TXT)

TXT Kpop Generasi 4

Siapa yang tidak kenal TXT? Penggemar kpop generasi 4 sepertinya sudah kenal dengan grup asuhan Bighit Entertainment ini.

Bernaung di agensi yang sama dengan BTS membuat TXT sudah dikenal bahkan sebelum debut mereka. Jadi tidak heran jika TXT menjadi salah satu grup generasi 4 yang memiliki penjualan album maupun digital terbaik.

10. ITZY

ITZY Kpop Generasi 4

ITZY adalah grup asuhan JYP Entertainment yang debut pada tanggal 11 Februari 2019. Sama seperti grup wanita lain dari JYP Entertainment, ITZY juga sudah mendapatkan kesuksesan sejak debut.

Hanya berselang 8 hari saja sejak debut resminya, grup yang digawangi Yeji cs ini sudah mendapatkan kemenangan di program musik M Countdown. Tidak hanya itu saja, ITZY juga menjadi 1 dari 5 grup yang berhasil mendapatkan Rookie Grand Slam sepanjang sejarah. Prestasi yang wow sekali ya!

11. Treasure

Treasure Kpop Generasi 4

Grup yang baru debut tanggal 7 Agustus 2020 ini merupakan grup hasil survival show YG Treasure Box dari YG Entertainment. Sesuai namanya, grup ini penuh dengan harta karun berbakat mulai dari vocal, dance, dan juga rap. Di tahun ini, Treasure membuktikan dominasinya dengan meraih penjualan album tertinggi untuk rookie 2020.

12. Cravity

Cravity Kpop Generasi 4

Grup Kpop generasi 4 terakhir di daftar ini adalah Cravity yang menjadi salah satu saingan Treasure untuk memperebutkan title Rookie of The Years.

Grup yang dibuat oleh Starship Entertainment ini terdiri dari 9 member dimana dua membernya yaitu Hyeongjun dan Minhee merupakan mantan member X1.

Itulah beberapa grup KPop yang masuk ke dalam generasi 4 menurut para penggemar Kpop. Setiap grup memiliki ciri khas dan daya tarik masing-masing. Semakin banyak dan berwarna grup Kpop saat ini, maka akan semakin menarik pula untuk diikuti. Bagaimana apakah Kamu penggemar Kpop generasi ke 4?

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0